Call of Duty Black Ops 15th Prestige

Review: Tekomsel Flash vs Smartfren bagusan mana ya?


Dipagi hari yang dingin ini saya ingin mereview antara telkomsel flash dengan smartfren. Karena kita tahu bahwa dua provider ini merupakan rival dalam layanan internet di Indonesia. Anda bisa melihatnya dari tayangan iklan di televisi akhir-akhir ini. Dari situlah muncul keinginan untuk mereview keduanya. Sehingga kita dapat memilih mana yang cocok untuk mendampingi komputer maupun laptop kita dalam menjelajahi dunia maya. Disini saya hanya mereview dari segi kelebihan dan kekurangan saja. Silahkan anda simak baik-baik review saya ini.

telkomsel flashReview Telkomsel Flash, ini merupakan bawahan dari Telkomsel dengan jaringan GSM. Dengan jaringan ini maka sudah pasti dimana pun kita bisa mengakses internet. Cat: untuk di daerah yang ada sinyal telkomsel. Telkomsel flash sudah suport 3G dan HSDPA jadi lumayan kenceng kalau buat internetan. Saya sendiri pun juga pernah mendapatkan pelayanan dari Flash ini. Dibawah ini kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Dari Flash,

Kelebihan Pertama Dari Flash, Lumayan murah hanya 125.000 + PPN 10% untuk paket Unlimited dengan kecepatan maksimal 1 mbps. Untuk lebih jelas masalah paket klik disini
Kelebihan Kedua Dari Flash, Bisa Diakses di mana-mana. Karena kita tahu bahwa telkomsel sinyalnya ada dimana-mana. Karena sinyal Flash sama dengan Handphone anda, jadi jika handphone anda ada sinyal telkomsel maka sudah pasti support flash. tapi perlu diingat bahwa juga harus support HSDPA atau 3G di daerah anda kalau ingin cepet.
Kelebihan Ketiga Dari Flash, Bisa diakses dengan kartu simpati, halo, as. Jadi meskipun kita tidak punya kartu flash kita bisa menggunakan alternatif kartu lain asal masih satu vendor dengan flash.
Kelebihan Keempat Dari Flash, jarang sekali mengalami disconnect pada saat menggunakannya.

Kekurangan Dari Flash

Kekurangan pertama Dari Flash, adanya batas pemakaian wajar alias fair use. Untuk tarif Rp 125.000/bln kita mendapatkan kecepatan UpTo 256kbps di 3Gb pertama dan UpTo 64kbps setelah melebihi batas wajar.
Kekurangan kedua Dari Flash, Sering down akibat banyaknya pengguna terutama pada saat jam-jam istirahat. Dan kita juga tahu dalam perjanjian awal bahwa bandwitch sharing dengan handphone jadi kita juga harus berbagi dengan para pengguna handphone maupun video call.
Kekurangan ketiga Dari Flash,Sering bentrok dengan paket lain. Hal ini saya alami pada waktu saya menggunakan flash. Disaat ingin mendaftarkan paket tidak bisa karena masih berada di paket sebelumnya. Dan seperti itu saya ulangi beberapa kali.
Kekurangan keempat Dari Flash, terkadang bisa masuk ke paket yang lain yang tidak kita kehendaki apdahal kita tidak berlangganan paket itu. Hal seperti ini pernah dialami banyak teman saya. Dan untu keluar dari paket ini sangat susah.

smartfrenReview Smartfren, ini merupakan review saya yang kedua. Dimana sama cepatnya dalam urusan internet karena kita tahu slogan smartfren " I hate slow " saya benci lelet. Hal ini memang saya akui bahwa smartfren memang kenceng karena sudah suport EVDO Rev. A. Bahkan sekarang sudah Rev. B tapi sayang layanan ini sementara cuma dijakarta aja belum ke pelosok negeri. Mari kita review kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Dari Smartfren,

Kelebihan Pertama Dari Smartfren, murah banget karena hanya 90.000/bulan yang sama-sama Unlimited. Dengan Download 384 kbps dan upload 128 kbps. Silahkan lihat detail paketnya klik disini
Kelebihan Kedua Dari Smartfren, Sudah support EVDO sehingga akses internet bisa ngebut. Saya sudah mengetest nya ketika buka youtube tanpa buffering.
Kelebihan Ketiga Dari Smartfren, tidak adanya batas quota yang ditentukan. Jadi kita bisa mengunakan tanpa adanya batas pemakian wajar.
Kelebihan Keempat Dari Smartfren, tidak pernah terjadi bentrok paket saat digunakan. Selama saya menggunakan belum pernah saya mengalami masalah saat mendaftarkan paket.

Kekurangan Dari Smartfren,

Kekurangan pertama Dari Smartfren, Sinyalnya susah karena masih terbatasnya BTS yang ada di Indonesia. Karena jangkauan smartfren masih terbatas. klik disini untuk melihat jangkauan smartfren
Kekurangan kedua Dari Smartfren, Sering down pada saat jam-jam istirahat. Kita tahu bahwa smartfren sekarang sudah banyak sekali penggunanya dimana-mana.
Kekurangan ketiga Dari Smartfren, terkadang disconnect sendiri tanpa kita ketahui.

Perbandingan antara Telkomsel Flash dengan Smartfren:

Dari kemudahan mendapat Sinyal
Untuk masalah ini flash lebih dominan karena sinyal flash bisa diakses di hampir seluruh pelosok dan BTS flash lenih banyak karena sama dgn BTS telepon seluler dari telkomsel.
Dari segi harga Paket
Smartfren lebih unggul unggul karena mereka menyediakan paket internet yang harganya kurang dari 100.000. Merakyat banget menurut saya.
Dari segi kenyamanan saat surfing/internetan
nilai untuk mereka sama 50-50 karena saat pemakaian saya merasa nyaman, saat menggunakan keduanya.
Dari segi pelayanan dalam mendaftar paket
smartfren kembali melebihi flash karena pelayanan dalam mendaftar paket tidak terkendala sama sekali. Lain halnya dengan flash terkadang sering bentrok dengan paket yang lain padahal paket itu sudah habis beberapa hari yang lalu. Tapi disaat kita mendaftarkan paket sering mendapat pemberitahuan bahwa kita sedang berlangganan paket yang lain.
Dari segi Unlimited paket
Kembali smartfren lebih unggul karena tidak ada pembatasan pemakian wajar/fair use. sementara telkomsel flash menggunakan sistim ini.

Catatan:
*review diatas belum merupakan jaminan keseluruhan karena faktor cuaca, tempat/lokasi, sinyal juga berpengaruh terhadap kinerja keduanya. Jadi silahkan memilih apa yang anda kehendaki dan jangan lupa pastikan kemudahan yang anda dapat dari keduanya di daerah anda. Dan postingan ini murni dari pengalaman saya bukan karena ada keterkaitan dengan salah satu vendor.

1 komentar:

  1. smartfren suka korup kuota ...pada jam 03.00 dini hari fb an 1jam masa 250 mb.....fuck smartfren......

    BalasHapus