Call of Duty Black Ops 15th Prestige

Review Modem Smartfren Connex AC682 UI Lengkap Terpercaya


Jika Anda yakin bahwa koneksi Smartfren itu lelet, lemot, menyebalkan, maka Anda harus membaca review ini sampai selesai karena saya akan berbagi kepada Anda, bagaimana saya bisa mendapatkan koneksi yang cepat dan stabil meski dengan harga modem yang tidak sampai Rp 200.000.
Smartfren Connex Internet Ngebut Harga HematModem sejuta umat saat ini, Smartfren Connex AC series, meski saya belum menemukan statistik penjualan serta membandingkan dengan modem dari provider lain :D. Bukan hanya harganya yang murah namun juga karena kinerja yang tidak buruk menjadikan modem ini laris manis di pasaran. Harga modem smartfren tipe termurah ini adalah Rp 199.000 tentu jika Anda membeli di dealer resmi, namun biasanya jika Anda beli di counter HP harganya agak lebih mahal 10-30 ribuan.
8 bulan yang lalu, tepatnya akhir 2011 saya membeli modem ini di alfamart dengan harga Rp 199.000. Awalnya saya berharap bisa mendapatkan HP smartfren extream, tapi ternyata HP tersebut baru muncul iklannya saja sedangkan produknya sendiri masih 2-3 bulan lagi ada di pasaran, saat tulisan ini dibuat HP extream sudah ada di toko-toko dengan harga Rp 299.000.

Dimana bisa membeli modem smartfren connex?

Banyak pilihan yang bisa kita datangi untuk membeli modem best selling ini, diantaranya:
oke shop, selular shop, sentra ponsel, electronic city, electronic selular, paperclip, intermedia bookstore, erafone, telesindo shop, office1 superstore, eureka, dan point 2000. Selain tempat-tempat tersebut kita juga bisa mendapatkan modem ini di alfamart dan counter-counter HP terdekat dari rumah kita. Tentu saja yang paling enak adalah membeli langsung di galeri smartfren di kota Anda dengan catatan jaraknya tidak terlalu jauh yah, keuntungannya adalah kita bisa bertanya-tanya dahulu ke customer service.

Spesifikasi modem Smartfren AC682:

CDMA 2000 1x EVDO Rev. A 800/1900 Mhz, download up to 3.1 Mbps & Upload up to 1.8 Mbps, RUIM Enable, Slot for microSD Card, Plug and Play, Support Windows7, XP, dan Vista, Mac OS X 10.5 (leopard) dan 10.6 (Snow Leopard), dan SMS and Voice capable via GUI
Dengan melihat spesifikasi di atas maka modem ini sudah setara dengan kecepatan HSDPA (EVDO Rev A)

Install Driver Modem Smartfren Connex

Proses instalasi berjalan otomatis ketika modem dicolokkan ke slot usb di laptop atau komputer kita, dengan panduan yang disertakan dalam boxnya, kita bisa ikuti dengan mudah, jadi kita tidak perlu pusing mencari panduan instalasi di internet atau sumber lain. Jika Anda membutuhkan software instalasi aliasdriver modem smartfren connex bisa didapatkan di http://smartfren.com/data/ac682.html.
Bonus modem smartfren connex adalah 30 hari unlimited data connection dengan kecepatan 384kbps. Awalnya saya sangat kecewa karena hanya cepat diawal dan menjadi lemot di menit-menit berikutnya, setelah saya teliti ternyata hal tersebut disebabkan karena suhu modem yang sangat panas. Panasnya melebihi standar modem, bukan lagi anget-anget kuku, sehingga hal ini berdampak pada kecepatan yang semakin menurun seiring bertambahnya panas modem.

Bagaimana mengatasi suhu panas modem Smartfren Connex AC series?

penampakan modem dengan pendingin
Hingga sekitar 3 hari saya memakai modem ini saya belum menemukan cara yang paling praktis dan bekerja dengan baik untuk menurunkan suhu modem. Namun akhirnya saya mendapat ide sederhana yaitu dengan menggunakan cooling pad kecil yang diletakkan dibawah modem. Jika kesusahan, kita bisa gunakan kabel usb panjang, harganya berkisar di Rp 15.000, catatan jangan gunakan kabel yang terlalu panjang karena ternyata tidak bekerja alias modem tidak bisa nyambung ke komputer.
Di forum pengguna smartfren connex, banyak pengguna yang sudah membagikan tips mendinginkan modem ini, namun jika caranya terlalu susah untuk Anda, sebaiknya modem dengan harga 500rb harus segera menjadi pertimbangan Anda karena kualitas modem yang jauh lebih tinggi. Tapi jika Anda memiliki budget terbatas seperti saya, maka dengan menggunakan cooling pad ini sudah bisa mendinginkan modem dengan optimal.

Review Kecepatan Modem Smartfren Connex

Nah, tiba saatnya kita bahas kecepatan modem Smartfren Connex ini, review akan disajikan berdasar gambar screenshot ya.

Kondisi menyebalkan
Gambar di atas diambil pada tanggal 30 Desember 2011, artinya saat itu adalah hari awal-awal setelah beli dan belum mengerti bagaimana mempercepat koneksi modem smartfren connex ini. Penggunaan pilihan hybrid karena saat itu saya masih berada di daerah kampung (sedang liburan) yang belum bisa dapat sinyal EVDO secara stabil. Suhu panas pun belum teratasi.
dengan pemilihan sinyal EVDO
dengan pemilihan sinyal EVDO
Nah, koneksi sudah mulai asiik nih, penggunaan cooling pad sangat membantu mengoptimalkan suhu modem. Masih menggunakan paket bonus dari smartfren yang seharusnya kecepatan tidak melebihi 384 kbps. Lokasi masih dikampung.
Efek penggunaan pendingin pada modem
Efek penggunaan pendingin pada modem
Untuk Anda yang masih belum percaya tentang pengaruh penggunaan pendingin pada modem lihat SS di atas, terlihat cukup stabil pada kecepatan maksimal paket yakni 384 kbps meskipun hanya mendapat sinyal satu bar hybrid. Lokasi masih di kampung.
benar-benar EVDO - 1 mbps
benar-benar EVDO – 1 mbps
Catatan, SS di atas adalah menggunakan paket “volume based” dimana kita bisa mendapatkan kecepatan maksimal 3,1 Mbps. Lokasi di Cikarang Bekasi, sinyal EVDO mentok di 3 bar. Sebenarnya sering juga mendapat 2000 kbps atau 2 mbps namun saat tersebut tidak saya ambil Screenshotnya.
Terkadang ada yang mengejutkan juga loh
Terkadang ada yang mengejutkan juga loh
Biasanya terjadi ketika aplikasi modem error namun tetap connect dan kita buka lagi aplikasinya lalu kita connectkan lagi, maka pasti selalu angka fantastis tersebut yang muncul.

tidak selamanya sempurna
Modem smartfren connex bukan tidak memiliki kelemahan, karena terkadang kondisi memaksa kita mendapatkan koneksi super menyebalkan meski berada di lokasi jangkauan EVDO. Seperti gambar di atas. bagaimana mengatasinya?

Cara mengatasi koneksi Smartfren yang lelet

Santai dulu, tenangkan hati, jangan keburu emosi :D bikin segelas kopi.
Ini cara yang saya lakukan untuk mengembalikan koneksi menjadi cepat dan stabil lagi:
- connect dan disconnect hingga dapat koneksi stabil.
- jika belum cukup, maka tutup aplikasi modemnya, dan buka lagi.
- Belum cukup juga, tutup aplikasi, cabut modem, colok lagi
- Eh, masih lemot juga? matikan laptop lalu hidupkan lagi (bukan restart ya)
- Masih lemot??? silahkan tinggal untuk minum kopi atau teh sekitar 1 jam lalu coba lagi.
Jika Anda sudah memakai lebih dari 3 bulan saya yakin akan lebih cepat dan memiliki feel untuk mengatasi masalah koneksi lemot.

KESIMPULAN:

Banyak pengguna modem ini yang mengeluhkan betapa leletnya koneksi internet mereka, sebenarnya bukan hanya masalah modemnya (meski menjadi salah satu faktor) tapi juga karena paket yang mereka pilih, jika memilih yang 45rb/ bulan tentu dengan sangat jelas akan saya katakan Anda akan mendapatkan koneksi super lelet karena itu hanya setara dengan kecepatan GPRS yang Anda pasti sudah tau bahwa itu sudah jadoel.
Masalah utama modem smartfren connex AC682 adalah di suhu panas yang lebih dari normal. Solusinya adalah gunakan pendingin untuk penggunaan yang lama (lebih dari 15 menit). Untuk masalah paket yang Anda pilih, silahkan lihat informasi di bawah untuk membandingkan, apakah Anda memang mendapat koneksi lelet karena mengambil paket terendah?

Kelebihan modem smartfren connex AC682:

-murah meski sudah tersaingin oleh kompetitor (es*a)
- awet, terbukti saya sudah menggunakan selama 8 bulan belum ada masalah
- kecepatan setara HSDPA
- Bisa untuk flashdisk dengan dukungan microSD

Kekurangan dan kelemahan modem smartfren connex AC682:

- Suhu yang tinggi melebihi kondisi normal
- Kesan murahan menurunkan image ketika digunakan di public area (relatif)
- jangkauan sinyal tidak sebaik modem yang berharga lebih mahal.
Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan modem smartfren connex AC682. Dengan harga terjangkau bisa mendapatkan koneksi internet yang cepat.

Informasi Paket Internet Smartfren Connex

Paket internet Smartfren Unlimited
Klik gambar untuk memperbesar
Paket internet Smartfren Unlimited
Paket internet Smartfren Volume Based (favorit saya)
Klik gambar untuk memperbesar
Paket internet Smartfren Volume Based
Paket internet Smartfren Unlimited Pascabayar
Klik gambar untuk memperbesar
Paket internet Smartfren postpaid Unlimited pascabayar
Paket internet Smartfren postpaid volume based pascabayar
Klik gambar untuk memperbesar
Paket internet Smartfren Volume based pascabayar
Demikian review saya tentang modem smartfren connex AC682, jika Anda memiliki pendapat dan pengalaman tentang modem smartfren connex AC682, silahkan untuk berbagi di kolom komentar/ diskusi.
Salam Anti Lelet!!

0 komentar:

Posting Komentar